Headlines News :
Home » , » Henky Tornado Merasa Ringan Setelah Di Bekam

Henky Tornado Merasa Ringan Setelah Di Bekam

Written By Hajjah Sarah Seliya on Thursday, March 3, 2011 | 11:12 PM

Bekam-Center.com - Darah merah kehitaman keluar dari kepala bagian atas Henky Tornando, 42 tahun. Cairan serupa mengalir dari luka seujung jarum di kedua belakang telinga, belikat, dan punuknya. Semua darah itu ditampung dalam gelas-gelas kecil berbentuk seperti lonceng yang melekat di kulit.
Meski banyak darah keluar, tak ada seringai atau rintih kesakitan dari mulut bintang film yang kini kerap bermain sinetron itu. Sebaliknya, raut wajahnya justru menunjukkan ketenangan. Itulah ekspresi Hengky saat menjalani terapi bekam di Rumah Sehat Herba Care, Mampang Prapatan, Jakarta, beberapa waktu lalu. Terapi dilakukan dengan melukai kulit dan menyedot keluar darah kotor yang diyakini mengandung racun yang tertimbun dalam tubuh.
"Manfaatnya banyak sekali. Pusing dan pegal-pegal hilang," kata Hengky, yang mulai kenal bekam sejak dua tahun lalu. Pengakuan Joe, komedian dari Project Pop, pun senada. Selain pusing dan pegal, stres akibat beban kerja yang menumpuk juga bablas. "Tubuh terasa ringan," katanya.
Bagi Aly Abdi Ilahi, terapis RS Herba Care, pengakuan Henky dan Joe barulah setitik kecil manfaat bekam. Penyakit lain yang pernah ditangani bejibun, seperti ayan, asma, stroke, susah tidur, darah tinggi, jantung, dan gangguan telinga. Terapi dilakukan di tiga titik utama, yakni puncak kepala, belakang dua telinga, dan tengkuk. Adapun titik-titik lain yang dibekam menyesuaikan dengan keluhan pasien. Totalnya, lebih dari 350 titik yang bisa disedot darahnya. "Hampir sama dengan titik dalam terapi akupunktur," kata Aly, yang mulai praktek bekam sejak 1996.
Sejatinya bekam merupakan terapi lawas. Ada yang menyebutnya pa ho kwam (Cina), hijamah (Arab), atau cupping (Inggris). Di Mesir Kuno, terapi ini sudah dipraktekkan 1.500 sebelum Masehi, di Yunani Kuno pada 413 sebelum Masehi, dan di Cina diterapkan lebih dari 2.500 tahun lalu. Praktek serupa diperintahkan Nabi Muhammad kepada umatnya sebagai sunah yang boleh diikuti.
Dulu, tanduk binatang dipakai untuk membekam sehingga disebut juga terapi tanduk (horn therapy). Kemudian, tanduk digantikan gelas kaca. Kini peralatan bekam terus diperbarui. Selain gelas, peralatan yang digunakan adalah jarum kecil (lancets device) atau silet antiseptik untuk melukai kulit, pompa tangan (hand pump) untuk menyedot, dan sarung tangan kesehatan (rubber gloves). Untuk menghindari penularan penyakit antarpasien, jarum atau silet hanya sekali pakai.
Menurut Aly, ada dua jenis bekam yang sekarang berkembang. Terapi dengan melukai kulit dan menyedot darah kotor yang disebut bekam basah seperti dipilih Henky dan Joe. Ada juga dengan cara mengisap kulit tanpa melukai dan menyedot darah yang disebut bekam kering.
"Kini minat umat untuk dibekam tumbuh luar biasa," kata Aly. Jika sedang ramai, dalam sehari ia bisa menangani sepuluh orang. Jumlah itu sudah maksimal karena ia hanya dibantu seorang terapis ahli. Sedangkan satu orang lagi masih dalam pendidikan. Sekali terapi, waktu yang dibutuhkan satu hingga satu setengah jam, dengan tarif Rp 150 ribu.
Di luar melakukan terapi, ayah delapan anak itu juga banyak didatangi orang yang ingin menjadi terapis. Jumlahnya sudah tak terhitung. Tak jarang, cukup datang dua atau tiga kali melihat Aly berpraktek, mereka memberanikan diri buka praktek bekam. Berbagai jurus menggaet pasien dilakukan, termasuk memanfaatkan berbagai milis yang bertebaran di Internet. "Mereka buka praktek karena permintaan dibekam selalu ada," kata Aly.
Di berbagai belahan bumi, termasuk di negara modern Amerika Serikat, bekam juga berkembang. Salah satu artis top yang sempat dibekam adalah Gwyneth Paltrow. Bulan lalu, punggung artis cantik ini ketangkap basah terdapat sejumlah tanda aneh berupa bulatan-bulatan merah di kulitnya. Sekilas, tanda-tanda itu seperti cupang (gigitan cinta) besar. Beruntung, sassus tak berkembang jauh setelah ada penjelasan dari Michael Gaeta, Ketua Perkumpulan Akupunktur New York. Ia menyebut Paltrow menjalani bekam, salah satu jenis akupunktur.
Memang, menurut standar kesehatan modern, uji klinis alias pembuktian khasiat bekam belum ada. Meski begitu, "Terapi ini sudah memuaskan pelanggan lebih dari 3.000 tahun lamanya," kata Profesor Edzard Ernst dari Jurusan Kedokteran Komplementer Universitas Exeter, Inggris, seperti dikutip BBC News Online.
Berdakwah Yuk Dengan Share Artikel ini :

0 comments:

Isi Kolom Komentar Di Bawah Ya..!

Nyatakan Saran, Kesan, Pernyataan, Dan Pertanyaannya Yah..Tentang Bekam

Video

DAFTAR ISI

Translate

Artikel dan Arsip

Visitors

 
Support : Creating Website | Bekam Center | Bekam Center
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Bekam Center Bandung - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Bekam Center